Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim
Asia Afrika dan untuk mengetahui pengaruh kegiatan homeroom dalam meningkatkan kecerdasan
interpersonal SMP Muslim Asia Afrika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika dan Apakah program bimbingan
konseling homeroom berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian verifikasi. Subjek dalam
penelitian siswa kelas 7 dan kelas 8 SMP Muslim Asia Afrika dengan jumlah 49 siswa terdiri dari 26
perempuan dan 23 laki laki. Data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa hipotesis kerja diterima/ ada pengaruh positif yang signifikan pada
kegiatan program homeroom dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal SMP Muslim Asia Afrika
yakni sebesar 0,200 artinya bahwa pengaruh variable X (Kegiatan Homeroom) terhadap Y (Kecerdasan
Interpersonal) sebesar 20%.Tingkat kecerdasan interpersonal siswa SMP Muslim Asia Afrika
berdasarkan analisis statistik dikategorikan sedang yakni diihat dari frekuensi skor total sebesar 87,5%,
sedangkan Dari analisis keseluruhan yaitu aspek social sensitivity lebih tinggi daripada social insight
dan social comunication. Hal ini dapat dilhat dari mean = 2,82 > 2,52 dan 2,77