dc.description.abstract |
Kebijakan lembaga-lembaga pendidikan seringkali menjadi titik perhatian para
ahli, baik dibidang ilmu pengetahuan itu sendiri maupun bidang disiplin ilmu lainnya. SMP
Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai
program unggulan salah satunya ialah seni baca Al-Qur’an atau yang disebut dengan
Tilawah. Setiap tahunnya peserta didik SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal selalu
membawa prestasi di ajang perlombaan dalam bidang Tilawah, baik tingkat Kecamatan,
Kabupaten, maupun Provinsi. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti ingin mengetahui
bagaimana kebijakan sekolah dalam meningkatkan kualitas seni baca Al-Qur’an di SMP
Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana kebijakan sekolah
dalam meningkatkan kualitas seni baca Al-Qur’an di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub
Tegal, mendiskripsikan keuntungan dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan
kebijakan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
mengambil lokasi di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah
ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan sekolah dalam
meningkatkan kualitas seni baca Al-Qur’an di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal
berjalan dengan baik dengan dimasukkannya Tilawah ke dalam pelajaran formal dan adanya
kegiatan di pesantren yang menjadikan semua peserta didik mengikuti program
pembelajaran tersebut sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan terhadap para
peserta didik di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal, guru yang profesional dan
pengalaman di bidang Tilawah, serta banyaknya peserta didik yang berprestasi pada ajang
MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) dalam setiap tahunnya |
en_US |