DSpace Repository

Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an Dan As-Sunnah (Studi Kasus Kelas 6 SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.advisor Syahida Rena
dc.contributor.author Ine Ratu Fadliah, 218430235
dc.date.accessioned 2020-10-16T05:54:29Z
dc.date.available 2020-10-16T05:54:29Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1165
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan Sunnah di SD AL-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang, implementasi materi serta melihat faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelusuran seara intensif menggunakan prosedur ilmiah untuk menghasilkan kesimpulan naratif baik tertulis maupun lisan berdasarkan analisis data tertentu. Sumber data dalam penelitian adalah pimpinan sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observassi, wawanara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan sunnah di Sd Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) adalah program unggulan sekolah, tujuannya untuk pembentukan karakter mulia sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah pada diri peserta didik melalui pembelajaran sehari-hari di kelas, didukung dengan 3 kurikulum nasional, internasional dan pesantren melalui proses stimulan pendidkan karakter yang lama sejak kelas 1 sehingga di kelas 6 sudah menjadi karakter anak. Sistem evaluasi penilaian Quality Control (QC) siswa yang ketat, kemudian di nilai dan di tindak lanjuti pada program-program pendukung yaitu pelatihan guru-guru, program sosialisasi, program parent visit class (PVC), program rumah tahfizh, dengan rumusan nilai: 1) penanaman adab dan akhlak yang mulia, 2) kebersihan lingkungan, 3) sosial Masyarakat, 4) kesadaran beribadah, 5) cinta tanah air. Implementasi materi dapat dilihat pada: 1) Penyambutan siswa, 2) Bimbingan Wali kelas, 3) membuat tata tertib dikelas, 4) makan siang bersama guru dikelas, 5) mengadakan lomba kebersihan dan keindahan kelas, 6) mengadakan kegiatan bakti sosial, 7) membaca zikir pagi dan petang, 8) sholat dhuha. 9) sholat berjamaah, 10), mengadakan upacara. Faktor pendukung yakni adanya ketaatan dan disiplin guru dalam menjalankan tugas amanah, konsistensi pimpinan, adanya sinergi antara guru, wali murid dan siswa. Faktor penghambat yakni siswa baru yang belum berkarakter Al-Qur’an dan belum bisa mengaji. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.subject As-Sunnah en_US
dc.title Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an Dan As-Sunnah (Studi Kasus Kelas 6 SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account