dc.description.abstract |
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan
penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui penerapan sistem
ujian online berbasis e-learning dengan menggunkan moodle di SMA
Negeri 70 Bulungan Jakarta, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung
dan penghambat penerapan sistem ujian online berbasis e-learning
dengan menggunakan moodle pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 70
Bulungan Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Penelitian kualitatif didasarkan pada tradisi metodologi penelitian dengan
cara menyelidiki masalah sosial atau kemanusiaan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah peneliti deskriptif. Peneliti menganalisis kata-kata,
melaporkan pandangan-pandangan para informan dan melakukan
penelitian dalam situasi yang alamiah.
Dari hasil data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa
Penerapan sistem ujian online berbasis e-learning di SMA Negeri 70
Bulungan Jakarta menggunakan moodle. Infrastruktur pendukung dalam
pelaksanaan sistem ujian online berbasis e-learning dengan
menggunakan moodle di SMA Negeri 70 Bulungan Jakarta sudah sangat
mendukung. Hal tersebut dibuktikan peneliti terhadap proses kegiatan
ujian berlangsung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan
ujian online, yaitu: 1) keterbatasan internet, tidak semua ruangan
terpasang jaringan internet 2) keterbatasan server, keterbatasan server
dalam menampung jumlah anak yang sangat banyak membuat server
menjadi loading. |
en_US |