DSpace Repository

Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Leni Purnama Dewi, 16311657
dc.date.accessioned 2021-02-17T07:23:33Z
dc.date.available 2021-02-17T07:23:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1207
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan bahwa di dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy terdapat 17 nilai karakter yang relevan dengan nilai pendidikan karakter versi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, yaitu penelitian kepustakaan dengan mengambil objek Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi (decomentation research methode). Analisis data adalah metode deskriptif dengan teknik analisa isi (Content analysis), yaitu menganalisis Novel Kembara Rindu dan dikorelasikan dengan nilai-nilai pendidikan Karakter versi Kemendikbud. Berdasarkan analisa yang sudah dilakukan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam Novel Kembara Rindu terdapat 17 dari 18 nilai pendidikan karakter yang digagas Kemendikbud. 17 nilai karakter tersebut amtara lain; religius, jujur, gemar membaca, rasa ingin tahu, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, , disiplin, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, mandiri, demokratis, kreatif, kerja keras, Berani, dan tanggung jawab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Nilai-nilai Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Novel Kembara Rindu en_US
dc.title Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account