dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan bahwa di
dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy terdapat
17 nilai karakter yang relevan dengan nilai pendidikan karakter versi
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, yaitu
penelitian kepustakaan dengan mengambil objek Novel Kembara Rindu
karya Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik). Pengumpulan data
dilakukan dengan metode dokumentasi (decomentation research
methode). Analisis data adalah metode deskriptif dengan teknik analisa
isi (Content analysis), yaitu menganalisis Novel Kembara Rindu dan
dikorelasikan dengan nilai-nilai pendidikan Karakter versi
Kemendikbud. Berdasarkan analisa yang sudah dilakukan dalam
penelitian ini disimpulkan bahwa dalam Novel Kembara Rindu terdapat
17 dari 18 nilai pendidikan karakter yang digagas Kemendikbud. 17 nilai
karakter tersebut amtara lain; religius, jujur, gemar membaca, rasa ingin
tahu, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, , disiplin, cinta tanah
air, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, mandiri, demokratis,
kreatif, kerja keras, Berani, dan tanggung jawab. |
en_US |