DSpace Repository

Strategi Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Islam di Era 4.0 (Studi Kasus Yayasan Darul Qur'an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur-Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahida Rena
dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.author Robiatul Adawiyah, 218430237
dc.date.accessioned 2021-02-24T08:18:09Z
dc.date.available 2021-02-24T08:18:09Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1224
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor dan untuk mengetahui strategi integrasi di dalamnya melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-kualitatif berdasarkan pada literature-literatur yang bertujuan untuk menemukan strategi-strategi untuk integrasi sain dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0. Proses penggalian data menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). integrasi sains dan agama dalam pendidikan Islam di era 4.0 di Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor adalah terdiri dari tiga integrasi, yaitu: a. integrasi Yayasan tersebut dengan sekolah terpadu yang di dalamnya ada tiga aspek; jasadiyah, fikriyyah, dan ruhiyyah, b. integrasi kurikulum yang terdiri dari kurikulum diknas, kurikulum pesantren, kurikulum tarbiyah, dan kurikulum Al-Qur’an, c. integrasi keterpaduan antara orang tua murid dan guru, kurikulum, dan konsep pendidikan, dan 2). strategi integrasi di dalam Yayasan tersebut melalui empat indikator, yaitu aspek kurikulum, aspek model pembelajaran, aspek SDM, dan aspek sarana prasarana adalah dengan tujuh strategi, yaitu: a. mendorong pengembangan integrasi antara keduanya di era 4.0, b. memilih pendidikan integrasi antara keduanya, c. inovasi pengembangan model pembelajaran, d. memberikan edukasi kepada SDM, e. memperkuat teknologi dan jaringan kepada instansi pendidikan Islam, f. inovasi integrasi keduanya melalui projectly time, dan g. memperkuat kompetensi SDM. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Integrasi en_US
dc.subject Sains dan Agama en_US
dc.subject Pendidikan Islam Di Era 4.0 en_US
dc.title Strategi Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Islam di Era 4.0 (Studi Kasus Yayasan Darul Qur'an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur-Bogor) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account