Abstract:
Dasar pemikiran yang melatarbelakangi penulis menjadikan judul tesis ini, berangkat dari banyaknya kiprah dan peran para ulama di masyarakat yang bermanfaat bagi sekitar. Beberapa kajian pustaka yang penulis baca, belum ada peneliti lain yang mengangkat tentang Kontribusi KH. Masthuro dalam Pendidikan Islam sehingga memotivasi penulis untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan informan, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung.
Tujuan penulisan ini dapat menyumbangkan pemikiran dalam dunia pendidikan serta mengetahui sejauh mana Kontribusi KH. Masthuro dalam Pendidikan Islam.
Hasil penelitian yang penulis temukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh KH. Masthuro adalah Sorogan dan Wetonan. Adapun dalam penetapan kurikulum, tetap mempertahankan sistem salafiyah dengan inovasi perkembangan zaman. Dan bidang kelembagaan pesantren, KH. Masthuro melibatkan seluruh elemen internal pesantren ataupun eksternal untuk bekerja sama dalam meningkatkan sarana dan prasarana.