DSpace Repository

Perbedaan Sikap Belajar Antara Siswa Yang Menghafal Al-Qur’ᾱn Dan Yang Tidak Menghafal Al-Qur’ᾱn (Studi Komparatif di MA Turus Pandeglang-Banten)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Naila Nur Lathifah, 17311890
dc.date.accessioned 2021-08-27T06:53:45Z
dc.date.available 2021-08-27T06:53:45Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1289
dc.description.abstract Sikap belajar siswa tidak terlepas dari beberapa faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini, sikap belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kondisi yang berasal dari dua kelompok pembinaan, yaitu kelompok siswa yang menghafal Al-Qur‟ᾱn, dan siswa yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn. Kedua kelompok ini belajar dalam satu kelas formal di Madrasah Aliyah. Perbedaan latar belakang siswa menarik untuk diteliti apakah ada perbedaan siswa yang menghafal dan siswa yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap belajar antara siswa yang menghafal Al-Qur‟ᾱn dengan yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn. Data yang digunakan menggunakan kuesioner (angket) yang diberikan kepada siswa yang menghafal Al-Qur‟ᾱn sebanyak 53 orang serta siswa yang tidak mengahafal Al-Qur‟ᾱn sebanyak 53 orang, yang dimana sampel tersebut diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Independent T-test. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sikap siswa yang menghafal Al-Qur‟ᾱn dengan siswa yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn memiliki perbedaan yang signifikan, dengan t hitung sebesar 4.452 dan nilai p 0,000 (p<0,5). Dengan hasil ini dapat diketahui dimana skor rata-rata mempunyai selisih 6 angka, skor rata-rata 82 untuk sikap siswa yang menghafal Al-Qur‟ᾱn dan skor rata-rata 76 untuk sikap siswa yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Sikap Belajar en_US
dc.subject Siswa Menghafal Al-Qur‟ᾱn en_US
dc.subject Siswa yang tidak menghafal Al-Qur‟ᾱn en_US
dc.title Perbedaan Sikap Belajar Antara Siswa Yang Menghafal Al-Qur’ᾱn Dan Yang Tidak Menghafal Al-Qur’ᾱn (Studi Komparatif di MA Turus Pandeglang-Banten) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account