Abstract:
Resiliensi akademik merupakan proses kemampuan individu untuk bangkit dan beradaptasi dalam menghadapi kesulitan, tantangan, serta berbagai tugas akademik. Pandemi Covid-19 yang dialami saat ini berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kebijakan bahwa penyelenggaraan belajar dilaksanakan secara online selama pandemi Covid-19. Dengan demikian proses adaptasi dalam kondisi tersebut dibutuhkan oleh Mahasiswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran online berbasis aplikasi Zoom Meeting terhadap resiliensi akademik mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sampel yang digunakan berjumlah 138 mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Bantuan alat ukur yang penulis gunakan untuk analisis data yaitu IBM SPSS versi 20 dengan teknik regresi linier sederhana, sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket melalui Google Form.
Berdasarkan hasil penelitan nilai koefisien dengan signifikansi (0,001 < 0,05) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran online berbasis aplikasi Zoom Meeting terhadap resiliensi akademik mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta serta tingkat pengaruhnya sebesar 7,4%.