DSpace Repository

Konsep Guru Profesional Pespektif Ibnu Sina

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Mughni Azizzah, 17311820
dc.date.accessioned 2021-09-09T08:31:53Z
dc.date.available 2021-09-09T08:31:53Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1335
dc.description.abstract Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya guru profesional dalam dunia pendidikan, yang tugas utamanya adalah mendidik, mengajar sesuai dengan keahliannya, membimbing, mengarahkan, mencontohkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan penuh tanggung jawab. Dalam hal ini, penulis menjadikan Ibnu Sina sebagai tokoh yang diteladani dalam membentuk guru yang profesioanl karena ia merupakan seorang sufi yang gigih dan bersemangat dalam menggali ilmu pengetahuan, ilmuan muslim ternama dan tekenal yang ahli diberbagai bidang, serta seorang filsuf yang banyak berkontribusi dalam dunia pendidikan Islam khususnya mengenai peran guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep guru profesional perspektif Ibnu Sina dan untuk mengetahui bagaimana relevansi pendidikan Ibnu Sina pada masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang diperoleh dari karya dan tulisan yang secara langsung dari Ibnu Sina yang berhubungan dengan dunia pendidikan khususnya guru profesional, sedangkan data sekunder diperoleh dari kumpulan tulisan yang mendukung temuan untuk menguatkan dan melengkapi dari data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokument. Konsep guru profesional menurut Ibnu sina itu menekankan pada unsur kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Ibnu Sina sangat mempertimbangkan aspek psikologi peserta didik agar bisa didasarkan oleh minat dan bakat, serta ia menuangkan pengalaman pribadinya dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu dan keterampilan. Tujuan pendidikan Islam dalam pandangan Ibnu Sina yang pertama adalah menciptakan manusia yang sempurna yaitu manusia yang terbina seluruh potensi dirinya secara seimbang dan menyeluruh, agar dapat terciptanya manusia yang sempurna maka dengan cara melakukan penyesuaian antara diri sendiri, akal, hati, dan ruh. Sebagai guru yang profesional harus sebaiknya harus bisa menjalankan dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik demi tercapainya cita-cita dalam sekolah yaitu menghapus kebodohan baik lahir maupun bathin. Kriteria seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dan ideal karena akan menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Profesional en_US
dc.subject Ibnu Sina en_US
dc.title Konsep Guru Profesional Pespektif Ibnu Sina en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account