Abstract:
Latar belakang melakukan penelitian ini adalah karena pada bulan Maret tahun 2020 penyebaran covid-19 mulai memasuki Indonesia kemudian pemerintah membuat kebijakan untuk memberhentikan semua kegiatan di luar rumah termasuk kegiatan belajar mengajar. SD Dua Mei adalah salah satu sekolah yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui aplikasi zoom cloud meeting, oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran PAI melalui aplikasi zoom cloud meeting.
Adapun beberapa permasalahan yang penulis temukan selama PJJ berlangsung melalui aplikasi zoom cloud meeting yaitu kurangnya pengembangan potensi peserta didik dalam proses pembelajaran karena media pembelajaran yang terbatas. Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini adalah terletak pada objek penelitian dan persamaannya adalah sama-sama membahas efektivitas pembelajaran.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Karena penulis mendeskripsikan gambaran lengkap terkait efektivitas pembelajaran PAI melalui aplikasi zoom cloud meeting pada masa pandemi covid-19 di SD Dua Mei Ciputat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI melalui aplikasi zoom cloud meeting dikatakan kurang efektif, karena dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dan hambatan seperti jaringan internet yang kurang baik, pembatasan media dan keterbatasan finansial, sehingga hal itu dapat dijadikan motivasi bagi pendidik untuk memaksimalkan lagi pelaksanaan pembelajaran melalui aplikasi zoom cloud meeting sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat tercapai dengan sempurna