Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penerapan hidden curriculum sebagai pembentuk karakter peserta didik dan menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang berkarakter qur’ani.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dengan wawancara langsung maupun daring dari kepala sekolah, guru PAI dan wali murid, serta hasil dari observasi dan sumber skunder yang diperoleh dari berbagai studi dokumen maupun arsip.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya sekolah menjadikan hidden curriculum sebagai alat tercapainya visi misi sekolah serta tujuan pendidikan yang berbasis Islam. Konsep hidden curriculum terlihat pada program-program yang dirumuskan dan mengarah kepada pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan kegiatan (sholat berjama’ah, sholat dhuha, melaksanakan qiyamulail, menghafal Al-Qur’an, tadarus Al-Qur’an, BTQ, Tamyiz, Pramuka, dan Khotmil Qur’an). Sekolah SDIT Al-Istiqomah berhasil membentuk karakter peserta didik yaitu, sikap, sosialisasi, kedisiplinan, kemandirian, kesopanan serta religius. Sekolah SDIT Al-Istiqomah mendesain hidden curriculum sebagai pembentukan karakter yang Qur’ani kepada peserta didik.