Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan
secara online dan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang berhubungan
dengan kedisiplinan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan
agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa pada masa pandemi di SMP Al-Fath
Cirendeu, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kedisiplinan siswa
ketika pembelajaran online di SMP Al-Fath Cirendeu.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data utama penelitian ini
adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bagian Kesiswaan, guru pendidikan agama
Islam, dan siswi SMP Al-Fath Cirendeu. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anasisis data secara
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam membentuk
kedisiplinan antara lain yaitu: menekankan siswa untuk mematuhi peraturan, mengajak dan
memotivasi siswa, pembiasaan, keteladanan, pemberian sanksi, pemberian reward,
penggunaan advisor program, dan kerjasama dengan wali murid. Sedangkan beberapa faktor
yang dapat mempengaruhi pembentukan kedisiplinan, yaitu: faktor pendukung (diri sendiri,
peraturan sekolah, dan keluarga), serta faktor penghambat (diri sendiri, keluarga, dan
jaringan koneksi internet).