DSpace Repository

“Pengaruh Self Concept Terhadap MinatMenjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswi Tarbiyah Jurusan PAIAngkatan 2017/2018 di IIQ Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Meisya AjengMismiani, 17311862
dc.date.accessioned 2021-09-09T08:50:31Z
dc.date.available 2021-09-09T08:50:31Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1341
dc.description.abstract Skripsi ini di latar belakangi oleh peristiwa perbedaannya Minat mahasiswa dalam memilih suatu program/jurusan dalam suatu perguruan tinggi. Beberapa diantara mereka ada yang memilih suatu jurusan dikarenakan dorongan dari orang tua. Ada pula mahasiswa yang memilih jurusan karena dipengaruhi oleh adanya keinginan dalam diri pribadi individu itu sendiri yang telah dicita-citakan sejak lama. Namun selain itu juga masih banyak mahasiswa yang hanya mengikuti ajakan atau pengaruh dari teman sebaya, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Maka pentingnya mahasiswi mengkonsep dirinya untuk mendukung minatnya menjadi seorang guru. Self Concept atau konsep diri merupakan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Bagaimana dia memandang dirinya sendiri dan ingin menjadi individu seperti apa sesuai dengan apa yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Concept terhadap minat menjadi guru pada Mahasiswi Tarbiyah Jurusan PAI Angkatan 2017/2018 di IIQ Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Pendidikan PAI angkatan 2017/2018 sejumlah 115 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas meng unakan rumus Alpha Cronbach‟s dengan jumlah responden 89 orang mahasiswa. Uji asumsi dasar analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self Concept memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap minat menjadi guru dengan hasil sebesar 47,2% dan selebihnya yang berjumlah sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Self Concept en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Guru en_US
dc.title “Pengaruh Self Concept Terhadap MinatMenjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswi Tarbiyah Jurusan PAIAngkatan 2017/2018 di IIQ Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account