Abstract:
Latar belakang penulis melakukan penelitian adalah karena sangat penting untuk siswi kelas VIII memahami apa saja problematika haid dan rata-rata siswi kelas VIII sudah mengalami haid, jadi sudah seharusnya mereka mengetahui apa-apa saja problematika haid.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pemahaman problematika haid siswi kelas VIII MTsN 5 Tabalong, dan bagaimana komunikasi siswi kelas VIII dengan orang tuanya mengenai haid. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemahaman problematika haid siswi kelas VIII MTsN 5 Tabalong, dan untuk mengetahui bagaimana komunikasi siswi kelas VIII dengan orang tuanya mengenai haid.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Hal ini dikarenakan penulis mendeskripsikan gambaran lengkap mengenai pemahaman problematika haid siswi kelas VIII dan komunikasi siswi kelas VIII dengan orang tuanya mengenai haid. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), dan simpulan data. Landasan teori adalah tinjauan pemahaman, tinjauan problematika, tinjauan haid, dan tinjauan siswi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemahaman prolematika haid siswi kelas VIII kurang memahami secara menyeluruh, dikarenakan siswi kelas VIII lupa akan sebagian materi haid yang pernah diajarkan oleh guru di kelas. Dan kurangnya komunikasi antara murid dengan orang tuanya mengenai pembelajaran haid