Abstract:
Latar belakang pada penelitian ini adalah bahwa di sekolah ini memiliki
kepala sekolah yang disiplin, aktif, cerdas, visioner, inovatif, bertanggung
jawab, bijaksana dalam memimpin anggotanya, dan demokratis. Terlihat
dengan apa yang sudah dilakukan oleh kepala sekolah bahwa dia mempunyai
mimpi besar untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya, menjadikan
sekolah tersebut berkualitas dengan berbagai prestasi yang diraih dari segi
akademik maupun non akademik, sehingga mampu memberikan perubahan
positif dari sebelumnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui masalah hal-hal yang berkenaan
dengan begitu pentingnya mutu pendidikan di MI Daar El-Syifa Serang.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu
menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian
kualitatif desktiptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya
dengan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MI Daar El-Syifa Serang yaitu (1) Dengan
menyusun program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, serta
mendisiplinkan waktu. (2) Keberhasilan out put yang diharapkan dalam
karakteristik sekolah unggulan dengan bukti prestasi-prestasi yang telah
diraih dari segi akademik maupun non akademik. (3) Peningkatan
pemahaman mengenai efektivitas kerja serta kecerdasan emosional dan
motivasi kerja oleh pegawai