Abstract:
Pelaksanaan pendidikan di Indonesia tidak lepas dari permasalahan, yaitu efektivitas
belajar siswa yang masih kurang maksimal, hal ini berpengaruh pada peran guru dalam
mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas
dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI), penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode
regresi linier sederhana, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis uji regresi linier sederhana yang
menyatakan bahwa pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektivitas belajar adalah positif
dan berdasarkan hasil uji korelasi menyatakan bahwa antara pengelolaan kelas dengan
efektivitas belajar memiliki hubungan yang erat. pengaruh yang diberikan oleh variabel
pengelolaan kelas terhadap efektivitas belajar siswa adalah sebesar 62,9%, sedangkan 37,1%
lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini