Abstract:
Motivasi adalah faktor dminan untuk mendorong siswa
meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar dalam rangka memperoleh
prestasi yang di inginkan. Keberhasilan proses beajar mengajar di pengaruhi
oleh motivasi belajar siswa. Guru selaku pendidik perlu mendorong siswa
untuk belajar untuk mencapai tujuan. Dalam kegiatan belajar mengajar di
seklah merupakan hal yang penting setidaknya paa siswa memiliki motivasi
untuk belajar karena kegiatan akan berhasil baik apabila anak yang
bersangkutan mempunyai motivasi yang kuat.
Dalam hal ini hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa HO di tolak dan HA di terima. Pembahasan lebih lanjut
tentang hasil penelitian ini akan di uraikan sebagai berikut: penelitian yang
di lakukan di SMP Ngeri 3 Tangeang Selatan bertujuan untuk melihat
gambaran secara umum terkait dengan pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar. Pengaruh yang terlihat dari kedua aspek tersebut dapat di
katakan memiliki pengaruh antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan
hasil penelitian yang di lakukan, bahwa terhitung (6,243) lebih besa dari
pada tabel (1,996) dengan taraf signifikan 0,05 jatuh atau berada di daerah
penerimaan Ha di terima. Hal ini berarti terdapat “Terdapat Pengaruh
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan”. Sesuai hasil
perhitungan bahwa siswa memiliki minat belajar yang berpengauh terhadap
hasil belajar sebesar 3,4 % sedangkan 96,6 % sisanya di pengaruhi oleh
faktor lain.