DSpace Repository

Strategi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Taḥfīẓ Santri di Ma’had As-Salaam Gunung Putri Tingkat SMP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rahma Aziz
dc.contributor.author Dewi Masithoh, 17311772
dc.date.accessioned 2021-09-13T07:02:18Z
dc.date.available 2021-09-13T07:02:18Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1349
dc.description.abstract Al-Qur’an adalah kitab Allah dan pedoman hidup bagi umat Islam. Mencintai dan mendekatinya dengan membaca secara baik dan benar supaya terhindar dari kesalahan serta dengan menghafal karena dengan menghafal berarti kita telah menjaga kemurnian Al-Qur’an apabila dilaksanakan merupakan ibadah. Barang siapa yang menjalankannya niscaya surga baginya. Hadirnya pesantren penghafal Al-Qur’an membuat masyarakat antusias dan mengharapkan adanya pendidikan yang secara akademik bermutu juga menghasilkan anak yang berpengetahuan keagamaan, berakhlak baik dan juga penghafal Al-Qur’an. Namun, permasalahan yang terjadi kurangnya perhatian untuk meningkatkan kualitas bacaan santri sebelum menghafal Al-Qur’an. Karena itu, penulis ingin menjelaskan bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ yang efisien, terukur dan mudah dipahami untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri di Ma’had As-Salaam Gunung Putri tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif lapangan (field research). Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdapat di Ma’had As-Salaam Gunung Putri. Hasil penelitian adalah strategi yang dilakukan guru Ma’had As-Salaam Gunung Putri dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri tingkat SMP, terdiri dari beberapa tindakan, yaitu: Pembinaan Tahsin, metode ‘Uṡmani yang digunakan dalam pembinaan tahsin, pelatihan/upgrading guru, dan memberi reward/penghargaan kepada santri. Adapun faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru Ma’had As-Salaam Gunung Putri dalam meningkatkan pembelajaran taḥfīẓ santri tingkat SMP, yaitu: Faktor penghambatnya adalah kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an, serta faktor pendukungnya adalah memiliki sistem pembelajaran yang baik, seperti buku panduan tahsin, pengajar atau guru yang sudah terlatih dan teknik pembelajaran yang telah diberikan dan dilatih en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Taḥfīẓ en_US
dc.title Strategi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Taḥfīẓ Santri di Ma’had As-Salaam Gunung Putri Tingkat SMP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account