DSpace Repository

Implementasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI MA Islamiyah Sawangan Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Roshiyati Annisa, 17311791
dc.date.accessioned 2021-09-13T07:15:57Z
dc.date.available 2021-09-13T07:15:57Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1353
dc.description.abstract Kondisi pendidikan di dunia khususnya Indonesia dari tahun 2020 hingga saat ini masih dalam pelaksanaan pembelajaran daring dikarenakan wabah covid-19 yang masih tersebar di Indonesia. Hal ini mengaharuskan setiap lembaga pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring termasuk di sekolah MA Islamiyah Sawangan. Salah satu cara yang dilakukan guru akidah akhlak ialah dengan menerapkan gooogle classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Google classroom sebagai media teknologi untuk membantu proses pembelajaran siswa kelas XI di MA Islamiyah saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam pelaksanaanya guru dapat memberikan tugas dan materi pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Dalam penelitian ini masalah yang di angkat adalah implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Terdapat Persamaan dalam penelitian ini dengan skripsi karya dari Anita Ningrum (IAIN Salatiga) yaitu variabel pelaksanaan pembelajaran google classroom dan metode yang digunakan kulitatif. Sedangkan perbedaannya ialah terletak di subjek penelitian, subjek yang diteliti oleh Anita Ningrum ialah Madrasah Tsanawiyah (MTS), sedangkan subjek penulis Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan tujuh orang siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi implementasi google classroom dalam proses pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan adalah: Keaktifan siswa kelas XI MA Islamiyah Sawangan dalam proses pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan google classroom selama pandemic ini berkurang. Dikarenakan beberapa kendala yang mengharuskan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, seperti terkendala dengan jaringan dan sebagian siswa yang tidak mempunyai smartphone. Ketika ada nya pandemic maka seluruh kegiatan maupun pembelajaran akidah akhlak dilaksanakan secara daring dan kekatifan siswa pun berkurang sekitar 40% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Google Classroom en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Implementasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI MA Islamiyah Sawangan Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account