DSpace Repository

Peran Program Tahfizh dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Adi Luhur Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Shafira Farhah, 17311794
dc.date.accessioned 2021-09-13T07:18:47Z
dc.date.available 2021-09-13T07:18:47Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1354
dc.description.abstract SMK Pariwisata Adi Luhur Jakarta Timur mempunyai banyak program ekstrakulikuler salah satu diantaranya yaitu program Tahfizh Al-Qur’an. Program ini dibuat agar siswa-siswi SMK Pariwisata Adi Luhur mempunyai wadah untuk menampung hafalan Al-Qur’an dan sebagai bentuk dukungan agar dapat meningkatkan hafalannya. Pelaksanaan program Tahfizh tersebut perlu adanya upaya dan dorongan dari pihak sekolah maupun luar sekolah, serta dukungan orang tua untuk menunjang pelaksanaan program ini dan mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui sistem pelaksanaan program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. (2) Untuk mengetahui efektivitas program Tahfizh Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Adi Luhur Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah program Tahfizh Al-Qur’an di SMK Pariwisata Adiluhur Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudia dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Tahfizh di SMK Pariwisata Adi Luhur dilaksanakan dengan cara menyetorkan hafalan kepada guru tahfizh. Program ini sangat bermanfaat dan efektif dalam meningkatkan hafalan siswa yaitu menghafal juz 30. Selama program ini berlangsung siswa hafal surah yang sebelumnya mereka tidak hafal. Faktor pendukung program tahfizh Al-Qur’an yaitu faktor tempat, lingkungan dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat adalah masih banyak siswa yang merasa malas untuk menghafal Al-Qur’an, alokasi waktu yang terbatas en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Ekstrakurikuler Tahfizh Al-Qur’an en_US
dc.title Peran Program Tahfizh dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Adi Luhur Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account