Abstract:
covid-19 memberikan dampak yang cukup besar salah satunya di dalam dunia pendidikan, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran secara online, hal ini menjadi tantangan besar untuk para pendidik agar siswa dapat memahami pembelajaran meskipun dengan melaksanakan pembelajaran secara online.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa di kelas 5 SDN Pademangan Barat selama melaksanakan pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa implementasi pembelajaran online dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19 (studi kasus: kelas 5 SDN 09 Pademangan Barat) yaitu: implementasi pembelajaran online dalam meningkatkan pemahaman siswa ini berjalan dengan efektif dibuktikan dengan siswa yang sangat merespon dan sangat antusias terhadap pembelajaran PAI, dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh para guru seperti RPP, silabus, program tahunan, dan telah menggunakan metode, strategi dan media yang disesuaikan dengan siswa, walaupun terdapat kendala akan tetapi selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak adanya penurunan dari hasil belajar ataupun penurunan nilai terhadap siswa, nilai rata-rata siswa 80 baik dalam pembelajaran offline maupun dalam pembelajaran online