DSpace Repository

Problematik Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa Kelas V MI Al-Ihsaniyah Jakarta Utara)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nur Aini Zaida
dc.contributor.author Widiya Lestari, 17311800
dc.date.accessioned 2021-09-13T07:30:50Z
dc.date.available 2021-09-13T07:30:50Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1357
dc.description.abstract Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini adalah pada saat PLP II penulis menemukan adanya problematik penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran PAI yang dihadapi pendidik maupun peserta didik, seperti kurangnya pendidik dalam memaksimalkan fitur whatsapp dan lain sebagainya. Sehingga penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pelaksanaan dan problematik yang dihadapi. Perbedaan penelitian pada skripsi ini dengan penelitian-penelitian sebelumnya yaitu mengenai problematik media pembelajaran online yang digunakan. Kebanyakan dari penelitian seelumnya meneliti mengenai problematik media pembelajaran online yang beragam. Sedangkan penelitian pada skripsi ini spesifik untuk mendeskripsikan problematik pembelajaran PAI dengan menggunakan media pembelajaran online whatsapp. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ihsaniyah Jakarta Utara. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, siswa kelas V, dan orangtua siswa kelas V. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi dan dokumentasi berupa foto. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa 1) Proses pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan aplikasi whatsapp di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V MI Al-Ihsaniyah Jakarta Utara kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka langsung dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19. Adapun media pembelajaran yang digunakan adalah hanya aplikasi whatsapp. Dalam proses pembelajaran awal, guru melakukan tahap perencanaan seperti menyiapkan RPP dan membuat video pembelajaran, untuk proses pelaksanaan pembelajaran inti guru memberikan materi berupa video pembelajaran dan untuk tahapan evaluasi pembelajaran guru memberikan penugasan pada buku LKS dan dikumpulkan ke sekolah langsung. Sedangkan untuk ulangan harian dilakukan dengan menggunakan google form. 2) Problematik penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V MI Al-Ihsaniyah Jakarta Utara, yaitu pertama masih banyak peserta didik yang belum memiliki handphone sendiri, kedua kurangnya motivasi belajar dalam diri peserta didik, ketiga kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas, keempat kurangnya tingkat pemahaman mandiri peserta didik, kelima keterbatasan guru dalam memantau peserta didik, keenam keterbatasan guru dalam mengkreasikan pembelajaran daring online agar tidak membosankan, ketujuh keterbatasan aplikasi whatsapp, kedelapan keterbatasan sinyal dan biaya kuota internet dan kesembilan keterbatasan orangtua dalam memberi pemahaman kepada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Aplikasi WhatsApp en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title Problematik Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa Kelas V MI Al-Ihsaniyah Jakarta Utara) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account