Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan penemuan penulis mengenai ketidaksadaran peserta didik dalam membaca Al-Qur`ān, membaca Al-Qur`ān dengan hanya membaca, tidak memperhatikan panjang pendeknya, panjang madnya dan kurang tepat dalam menerapkan kaidah hukum ilmu Tajwid. Penemuan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti mengenai self talk dalam meningkatkan kesadaran diri membaca Al-Qur`ān di sekolah MTs Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian (YASPENJAP) Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penerapan self talk dapat meningkatkan kesadaran diri membaca Al-Qur`ān pada kelas tahsin putri di MTs Yayasan pendidikan Jaya Penggalian (YASPENJAP), Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan tahapan penelitian teknik pengumpulan data, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self talk dapat meningkatkan kesadaran diri dalam membaca Al-Qur`ān pada kelas Tahsin dengan cara mengulang-ngulang kalimat positif yang menjadi motivasi dan pengingat untuk peserta didik