DSpace Repository

Implementasi Segregasi Kelas Berdasarkan Jenis Kelamin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Khofifah Nuroniyah, 17311814
dc.date.accessioned 2021-09-13T08:00:52Z
dc.date.available 2021-09-13T08:00:52Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1362
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena munculnya beberapa lembaga pendidikan Islam yang menerapkan model segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin. Penerapan model ini salah satunya bertujuan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwasannya implementasi segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kelas VIII dan Siswa Kelas VIII. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Dari aspek intrinsik ditandai dengan 1) hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar yang tinggi, 2) dorongan dan kebutuhan dalam belajar yang kuat, 3) harapan dan cita-cita masa depan yang baik. Adapun dari aspek ekstrinsik ditandai dengan 1) siswa lebih antusias dalam pembelajaran, 2) lebih nyaman berada di dalam kelas, 3) lebih konsentrasi dalam belajar, serta 4) lebih percaya diri dan aktif di kelas. Selain itu, Jika dilihat dari hasil belajar atau nilai rata-rata, siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang mempunyai hasil belajar yang baik, yakni nilai raport yang diperoleh siswa dan siswi kelas VIII mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM bahkan di atas nilai KKM. Siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang juga mempunyai nilai rata-rata yang tinggi dalam satu kelas, yakni 81,93 nilai rata-rata siswi perempuan dan 82,82 nilai rata-rata siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dan siswi kelas VIII SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang mempunyai motivasi belajar yang tinggi walaupun berada dalam segregasi kelas berdasarkan jenis kelamin en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Segregasi Kelas en_US
dc.subject Jenis Kelamin en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Implementasi Segregasi Kelas Berdasarkan Jenis Kelamin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPIT Ash-Shibgoh Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account