DSpace Repository

Eksistensi Peran kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Alam di SD Alam krawang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Nadia Nurul Kamilah, 17311823
dc.date.accessioned 2021-09-13T08:06:28Z
dc.date.available 2021-09-13T08:06:28Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1363
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengangkat permasalahan karena di sekolah umum dalam menjabat sebagai kepala sekolah itu harus tiga tahun akan tetapi untuk di sekolah alam menjabat sebagai kepala sekolah itu setahun sekali bergilir atau bergantian, dan kurangnya dorongan kepala sekolah dan motivasi kepada fasilitator. Dan kualitas dalam proses pembelajaran Agama Islam dengan berbasis alam sebagai pendidikan alternatif, yaitu untuk mewujudkan lembaga pendidikan terbaik dalam pengembangan sumber daya alam yang berlandaskan dengan Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman peran dan tugas kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI berbasis alam tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai manajer karena kepala sekolah sudah menyusun perencanaan dan mengkoordinasikan kegiatan dan melakukan evaluasi yaitu dengan mangadakan rapat setiap seminggu sekali yang dilakukan pada hari jum’at dan diadakannya webinar dua pekan sekali untuk fasilitator yang ada di sekolah alam dan di sekolah untuk menjabat sebagai kepala sekolah hanya satu tahun dan bergilir karena setiap fasilitator diwajibkan bertanggung jawab sebagaimana menjadi leader yang bertanggung jawab tugas yang diberikannya tesebut.Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa sedangkan sumber data sekunder berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil Penelitiann ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam sangat menyenangkan karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam seperti kegiatan outbound, camping, gardening dan ekspedisi oleh karenanya keunggulan tersebut tetap dipertahankan oleh kepala sekolah sebagai bentuk dari eksistensinya selama menjabat dalam meningkatkan kualitas kualitas pembelajaran PAI berbasis alam di SD Alam Karawang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Eksistensi Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kualitas PAI en_US
dc.subject Sekolah Alam. en_US
dc.title Eksistensi Peran kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Alam di SD Alam krawang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account