DSpace Repository

Konsep Profesionalisme Guru PAI di Era digital (Studi Analisis QS. Al-Qalam ayat 1-4)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Nurdiani Caesaria, 17311829
dc.date.accessioned 2021-09-13T08:12:40Z
dc.date.available 2021-09-13T08:12:40Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1364
dc.description.abstract Adapun yang melatar belakangi penulis dalam melakukan penelitian ini adalah pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak positif maupun negatif dalam dunia pendidikan. Sehingga guru PAI sebagai tenaga profesional haruslah menunjukkan kualitas pekerjaannya dengan baik agar tercaPAInya tujuan pendidikan. Sehubungan dengan konsep guru profesional tidak akan terlepas dari keteladanan yang telah dijelaskan dalam Al-Qur‟an, salah satunya Al-Qalam ayat 1-4, sehingga penulis tertarik untuk menelaah lebih dalam mengenai konsep profesionalisme guru PAI di Era digital dalam QS. Al-Qalam ayat 1-4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep profesionalisme guru PAI di Era dalam QS. al-Qalam ayat 1-4 dan untuk mengetahui relevansi konsep profesionalisme guru PAI dalam QS. al-Qalam ayat 1-4 pada pendidikan Era Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer diperoleh dari kitab-kitab terjemah tafsir al-Maraghi, tafsir Ibnu Kaṡir, Tafsir al-Miṣbah dan tafsir Departemen Agama. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku atau karya tulis yang mendukung temuan untuk dijadikan penguat atau pelengkap dari data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep profesionalisme guru PAI dalam QS. Al-Qalam ayat 1-4 ialah terdapat 3 unsur penting yang harus dimiliki oleh guru PAI yang profesional diantaranya; 1) Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, 2) Guru harus memiliki kesehatan baik jasmani maupun rohani, 3) Guru harus memiliki budi pekerti yang baik sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketiga unsur ini telah mencakup pada dua kompetensi yang harus dimiliki guru prorofesional yaitu kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian, sebagaimana dijelaskan dalam peraturan Undang-undang tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 1. Adapun relevansinya dengan pendidikan di Era digital ialah sangat relevan melihat dari kemajuan sekaligus kemunduran pendidikan di Era digital yang mengharuskan guru untuk terus meningkatkan skill dan kemampuannya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus sebagai suri tauladan bagi peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Profesionalisme Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Era Digital en_US
dc.title Konsep Profesionalisme Guru PAI di Era digital (Studi Analisis QS. Al-Qalam ayat 1-4) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account