DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas 4 SD Dua Mei Ciputat pada Era Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Sari Sartika Lubis, 17311834
dc.date.accessioned 2021-09-15T05:02:15Z
dc.date.available 2021-09-15T05:02:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1365
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum maksimalnya pelaksanaan strategi pembelajaran di era pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan startegi pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah khususnya guru PAI dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di kelas 4 SD Dua Mei Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SD Dua Mei Ciputat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.m sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan murid kelas 4, sedangkan sumber data sekunder berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifukasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual sudah berjalan dengan baik. Hai ini dilihat dari beberapa aspek, yaitu guru PAI telah menyusun perencanaan strategi pembelajaran pada era pandemi covid-19, meminimalisir kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar online dan bekerja sama dalam kegiatan belajar mengajar online bersama orang tua siswa. Penerapan strategi pembelajaran kontekstual juga telah meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas 4 pada pelajaran PAI. Pembelajaran PAI sudah berjalan dengan baik walaupun terkadang dalam pelaksanaanya terdapat sedikit kendala. Adapaun faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran online untuk memnimalisir kesulitan yang meliputi Inovasi Strategi Pembelajaran, Bantuan fasilitas Wifi sekolah terhadap guru dan Koordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya jaringan internet yang kurang stabil, adanya beberapa orang tua yang belum mengerti dalam penggunaan internet dan kompetensi siswa menurun. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Era Pandemi Covid-19 en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas 4 SD Dua Mei Ciputat pada Era Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account