Abstract:
Terjadinya pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan yang signifikan diberbagai aspek kehidupan, salah satunya perubahan pada sistem pendidikan. Dalam sistem pendidikan di masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara online sebagai salah satu solusi alternatif pencegahan penularan virus corona. Dilatar belakangi sistem pembelajaran online, penulis tertarik untuk meneliti terkait metode pembelajaran online dalam meningkatkan prestasi belajar khusunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Online dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan Agama Islam Studi Analisis di SDN Pisangan 03 Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dari Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa-siswi SDN Pisangan 03. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni Observasi, Wawancara dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran Online selama pada masa pandemi di SDN Pisangan 03 Ciputat berjalan belum maksimal. Hal ini berdampak pada pencapaian prestasi belajar yang stagnan, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan. Metode Online yang diterapkan guru diantaranya dengan memberikan materi melalui WhatsApp yang berisi Video, tugas, dan power point. Hasil evaluasi guru selama masa pembelajaran Online melalui WhatsApp tidak maksimal karena guru tidak dapat memastikan bahwa setiap tugas yang diberikan apakah benar-benar peserta didik yang mengerjakan.