DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Pada Siswa Kelas XI MA Al-Hamidiyah Depok-Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adithiya Warman
dc.contributor.author Silvi Salamah, 17311872
dc.date.accessioned 2021-09-15T07:13:02Z
dc.date.available 2021-09-15T07:13:02Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1376
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya semangat siswa MA Al-Hamidiyah dalam belajar. Siswa cenderung lebih pasif ketika di dalam kelas dan kurang percaya diri ketika ditanya oleh guru. Cara mengajar guru yang monoton membuat siswa menjadi cepat bosan. Sesuai dengan jadwal Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) di MA Al-Hamidiyah, diterapkannya model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di kelas XI yang bertujuan agar siswa dapat aktif dan berpikir kritis selama kegiatan pembelajaran. Tujuan dibuatnya skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis pada siswa kelas XI MA AL-Hamidiyah, Depok. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini membahas salah satu fungsi model pembelajaran Inkuiri yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu penelitian ini juga meneliti mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits, dimana penelitian sebelumnya lebih banyak meneliti di luar pelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan juga menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kelas, dengan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis berdasarkan tujuan penelitian yang ingin mendapatkan gambaran proses penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di kelas XI MA Al-Hamidiyah Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari bulan Oktober 2020, MA Al-Hamidiyah sudah menerapkan model pembelajaran Inkuiri dengan tujuan agar siswa lebih aktif lagi ketika di kelas. siswa kelas XI MA Memiliki kemampuan sangat baik dalam memahami Al-Qur‟an Hadits mengenai Etos Kerja, memiliki kemampuan sangat baik dalam memahami Al-Qur‟an Hadits mengenai makanan halal, memiliki cukup dan perlu dimaksimalkan kemampuan dalam mengidentifikasi konsep syukur nikmat dalam Al-Qur‟an, memiliki cukup kemampuan dalam mengidentifikasi bentuk-bentuk tanggung jawab dan memiliki keterampilan cukup dalam menulis ayat-ayat Al-Qur‟an. Jadi penerapan Inkuiri dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di kelas XI MA sudah baik dan mampu dalam berpikir kritis berupa memahami dan mengidentifikasi bentuk-bentuk masalah materi yang diajarkan guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject Meningkatkan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Pada Siswa Kelas XI MA Al-Hamidiyah Depok-Jawa Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account