DSpace Repository

Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh (Studi Kasus Kelas V MI Nahjul Huda Kebon Jeruk)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Husnul Hotimah, 15311541
dc.date.accessioned 2021-11-23T07:23:53Z
dc.date.available 2021-11-23T07:23:53Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1525
dc.description.abstract Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahjul Huda merupakan salah satu sekolah yang menjadikan ilmu fiqh sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi para siswanya. Hal ini menjadi salah satu penyebab kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqh, siswa tidak dapat memilih apakah ia berminat untuk mengikuti mata pelajaran fiqh atau tidak. Kurangnya perhatian dan minat siswa menyebabkan timbulnya tingkah laku siswa yang mengganggu kegiatan belajar mengajar, sehingga guru membutuhkan manajemen kelas yang baik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahjul Huda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data, berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh (studi kasus kelas V MI Nahjul Huda Kebon Jeruk) berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tingginya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqh, dalam pelaksanaanya guru juga berhasil meciptakan iklim belajar yang tepat, dan mengelola interaksi dalam kegiatan belajar mengajar serta terciptanya ruang belajar yang teratur. Motivasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa juga berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terciptanya perasaan senang pada diri siswa selama pelajaran fiqh, tingginya perhatian siswa pada materi yang diajarkan oleh guru, bahan pelajaran serta sikap guru yang menarik, dan manfaat serta kegunaan yang diperoleh siswa dari materi pelajaran yang guru sampaikan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Manajemen Kelas en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh (Studi Kasus Kelas V MI Nahjul Huda Kebon Jeruk) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account