dc.description.abstract |
Di era pandemi seperti sekarang ini pembelajaran jarak jauh merupakan salah
satu upaya pencegahan penyebaran virus, walaupun pembelajaran jarak jauh
terlihat sangat, namun ternyata seringkali terdapat kendala dalam
pelaksanaannya yang terkadang mengganggu aktifitas belajar mengajar yang
sedang atau akan berlangsung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pembelajaran
Jarak jauh terhadap motivasi belajar Mahasiswi Semester III Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta,
apakah hal tersebut memiliki siknifikasi atau tidak. Penelitian ini dilakukan di
Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta dari bulan Juli 2020.
Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Semester III Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 35
responden. Sedangkah hasil data tentang pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh
diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh mahasiswi Institut Ilmu Al-
Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan teknik korelasional. Data pengaruh Pembelajaran Jarak
Jauh dan motivasi belajar diperoleh melalui kuisioner yang terdiri dari 29 item.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi antara pembelajaran
jarak jauh terhadap motivasi belajar mahasiswi semester III program studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,221. Ini menunjukan bahwa
nilai t hitung 2,221 > nilai t tabel 2,034. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang
signifikan antara pembelajaran jarak jauh (X) terhadap motivasi belajar
mahasiswi (Y). |
en_US |