dc.contributor.advisor |
Nadjematul Faizah |
|
dc.contributor.author |
Anis Khaerul Latifah, 17311769 |
|
dc.date.accessioned |
2021-11-23T07:53:59Z |
|
dc.date.available |
2021-11-23T07:53:59Z |
|
dc.date.issued |
2021 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1532 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada 4 informan yaitu Kepala Madrasah, Staf tata usaha, Guru Kelas IV dan 2 siswa kelas IV MI MA’ARIF NU.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala Madrasah memiliki kompetensi manajerial, sehingga Kepala Madrasah MI MA’ARIF NU berperan untuk membuat dan menyusun perencanaan pengadaan sarana dan prasarana melalui rapat. Dalam penggunaan sarana dan prasarana tidak ada aturan tertulis. Pemeliharaan sarana dan prasarana melibatkan semua warga madrasah dalam perawatan dan penyimpanan sarana dan prasarana. Pengawasan sarana dan prasarana dilakukan dengan pengecekan langsung pada obyek sarana prasarana yang dimiliki. Peran guru dalam meningkatkan prestasi siswa telah berjalan dengan baik memberikan motivasi dalam proses belajar, menggunakan media pembelajaran yang ada dan sesuai dengan RPP menghasilkan prestasi akademik nilai rata-rata 77 dan non akademik siswa juara lomba sehingga mendapatkan nilai Akreditasi B. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
sarana prasarana |
en_US |
dc.subject |
peran kepala sekolah |
en_US |
dc.subject |
prestasi siswa. |
en_US |
dc.title |
Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MI MA’ARIF NU Kertayasa |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |