Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru terkait
sistem pembelajaran tatap muka yang berubah menjadi sistem pembelajaran
jarak jauh akibat terjadinya pandemi Covid-19, sehingga sekolah mulai
menerapkan model pembelajaran e-learning. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan tentang penerapan penggunaan Google Classroom
dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Puspita Bangsa Ciputat.
Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas VIII
serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Adapun sumber data sekunder
adalah buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumenter berupa hasil penelitian
terdahulu, dokumen RPP, dokumen soal, foto, dan audio. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah
data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model
Miles dan Huberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data,
penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat dilihat dari 3 aspek, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang diterapkan. (1) Perencanaan
xviii
kegiatan pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Perencanaan
Pembelajaran Jarak Jauh (RPPJJ) dan juga menyiapkan suatu media
pembelajaran serta komponen-komponennya. (2) Pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh ini merupakan implementasi dari RPPJJ yang meliputi kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. semua kegiatan
pembelajaran tersebut dijalankan melalui media Google Classroom. (3)
kegiatan evaluasi pembelajaran, dilakukan penilaian dengan mengacu pada
aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.