Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah putus sekolah yang belum
berakhir, kurangnya motivasi belajar yatim, dan minimnya pemahaman masyarakat untuk
memberikan pendidikan kepada yatim.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan gratis
bagi yatim dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Yayasan Al - Badar Balaraja
Tangerang dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan gratis
bagi yatim dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Yayasan Al - Badar Balaraja
Tangerang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data primer berasal dari hasil observasi, wawancara dengan kepala yayasan, guru, dan
siswa/i yatim serta dokumentasi. Sedangkan data sekunder berasal dari data- data sekolah,
buku, jurnal, artikel, skripsi, dan tesis. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pendidikan gratis bagi yatim di
Yayasan Al - Badar berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa
yatim. Hal ini dibuktikan melalui berbagai prestasi yang diraih siswa yatim, tersebarnya
alumni di berbagai perguruan tinggi, dan peningkatan kuantitas siswa yatim setiap tahun.
Meskipun telah berjalan baik, dalam pelaksanaan pendidikan gratis ini masih terdapat kendala.
Adapun faktor penghambat pelaksanaan pendidikan gratis ini adalah keterlambatan
pembayaran SPP siswa yang bukan yatim dan sarana yang tidak memadai. Sedangkan faktor
pendukungnya adalah bantuan dari para donatur