DSpace Repository

Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Daarul Mustaqiem)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Hety Nurkholifah, 17311852
dc.date.accessioned 2021-11-23T08:40:22Z
dc.date.available 2021-11-23T08:40:22Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1546
dc.description.abstract Asyyahid Sayyid qutb telah merumuskan tiga faktor pendidikan bagi anak Faktor yang pertama adalah Al-Qur’an, faktor keduanya adalah mempelajarari & membaca Al-Qur’an dan faktor yang ketiga adalah peng islaman yang sama sekali mengakhiri kejahilan silam dan memisahkan dari kejahilan. MI adalah sekolah yang sederajat dengan SD. Mata pelajaran yang harus dikuasai tingkat MI adalah mata pelajaran keagamaan salah satunya adalah Al-Qur’an. Di sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor sangat ditekankan dalam belajar Al-Qur’an, maka penulis ingin mengetahui apa saja upaya guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an. Serta terjadinya pandemi covid-19 memberikan dampak perubahan yang signifikan diberbagai aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan di masa pandemic covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara online Maka penulis tertarik untuk meneliti upaya guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an di era pandemi covid-19(studi kasus kelas 5 MI Daarul Mustaqiem Bogor) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di kelas 5 MI Daarul Mustaqiem Bogor era Pandemi Covid-19. Dan untuk mengetahui suatu metode pembelajaran Al-Qur’an serta mengetahui peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an di era pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer diperoleh dari teknik observasi lapangan dan wawancara kepada 5 orang responden yang terdiri dari 3 orang siswa, 1 guru mata pelajaran membaca Al-Qur’an, 1 orang kepala sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan tulisan ilmiah lainnya yang mendukung teori dalam penelitian. Sumber data documenter diperoleh dari catatan, rekaman dan foto yang diambil selama observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada mata pelajaran membaca Al-Qur’an sangat ditekankan di sekolah MI Daarul Mustaqiem Bogor. Disetiap memulai pembelajaran dan akhir dari pelajaran siswa wajib tasarus Al-Qur’an adapun motivasi yang kuat langsung dari sumbernya yaitu pembacaan kitab Aqidatu sl-Mujmalah yang dilaksanakan sebelum pembelajaran membaca Al-Qur’an, adapun metode yang digunakan adalah metode oqra’, metode Baghdadi dan metode talaqqi musyafahah. Pembelajaran yang dilaksanakan di era pandemic covid-19 adalah menggunakan sistem daring /online en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject pandemic covid-19 en_US
dc.title Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Daarul Mustaqiem) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account