DSpace Repository

Pengaruh Metode Qira’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MIN 1 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Eva Shofiyatun Nisa’, 17311884
dc.date.accessioned 2021-11-23T08:55:46Z
dc.date.available 2021-11-23T08:55:46Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1551
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi, siswa kurang teliti dalam memperhatikan makharijul huruf dan kaidah ilmu tajwid, kurangnya kesadaran orang tua untuk memberikan motivasi dan dukungan dalam proses pembelajaran siswa, serta terdapat beberapa faktor lain sehingga menyebabkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa terhambat dan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Sejauh mana Pengaruh Metode Qira’ati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi yang diteliti yaitu MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas finishing yang berjumlah 32 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling population yaitu mengambil keseluruhan dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, dari pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, berhasil memperoleh data hasil pengaruh Metode Qira’ati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an sebesar 5,357 ≥ 2,042. Hal ini terbukti bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 tingkat signifikansi 5% dengan db sebesar 2,042, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Mengandung arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Qira’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Dari hasil perhitungan R2 dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel (X) Metode Qira’ati terhadap variabel (Y) Kemampuan Membaca Al-Qur’an sebesar 48,9% selebihnya yang berjumlah sebesar 51,1% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Qira’ati en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Pengaruh Metode Qira’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MIN 1 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account