Abstract:
Pertimbangan mengangkat pembelajaran menggunakan multimedia khususnya media audio visual ini adalah karena multimedia merupakan media pembelajaran yang secara teoritis mampu mengembangkan berbagai aspek kompetensi siswa guna meningkatkan hasil belajarnya, namun media ini belum diterapkan secara konsisten oleh sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini akan mengeksperimenkan media pembelajaran tersebut sehingga diperoleh kesimpulan efek media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa, pada akhirnya memberi referensi kepada guru Pendidikan Agama Islam dalam mendesain pembelajaran.Dari penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar
Pendidikan Agama Islam bagi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran audio visual sehingga pembelajaran dengan media pembelajaran audio visual dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan temuan bahwa ada pengaruh antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XII SMAN 5 Tangerang Selatan yang memiliki motivasi belajar tinggi dan yang memiliki motivasi belajar rendah.