DSpace Repository

Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI

Show simple item record

dc.contributor.advisor M. Dien Madjid
dc.contributor.advisor Aziz Fakhrurrozi
dc.contributor.author Yadih, 212810078
dc.date.accessioned 2021-12-04T06:20:49Z
dc.date.available 2021-12-04T06:20:49Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1568
dc.description.abstract Motivasi belajar siswa dan profesionalisme guru adalah dua aspek yang penting dalam belajar. Kedua aspek tersebut menyumbang dampak besar bagi hasil belajar siswa. Terdapat hubungan yang tidak bisa dipisahkan dari kedua aspek tersebut dengan hasil belajar PAI di SMPS PGRI I Ciputat Tangerang Selatan Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah: 1Apakah ada hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa. 2Apakah ada relasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajarnya 3Apakah ada hubungan profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI. Penelitian yang telah dilakukan menunjang hipotesa bahwa ada keterkaitan antara ketiga aspek tersebut. Profesionalisme guru berdampak pada hasil belajar siswa. Di samping itu, motivasi belajar dari dalam diri siswa sendiri memiliki pengaruh kuat dalam menentukan hasil belajarnya. Kemudian, jika disejajarkan secara bersamaan, baik profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa memiliki realisasi dengan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, teori validitas dan realibilitas adalah yang bisa digunakan. Untuk menguji validitas digunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui realibilitas digunakan rumus cronbach alpha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yang berhubungan dengan statistika sebagai alat pengujiannya. Metode kuantitatif bersendikan pada serangkaian perhitungan statistik melalui kuesioner yang telah diisi oleh responden yang dipilih secara acak (random). Setelah dikumpulkan, maka akan dilakukan pengolahan data yang kemudian diujikan dengan teori yang dipilih, yang disesuaikan dengan pembahasan masalah penelitian. Penulis menggunakan aplikasi SPSS versi 18 untuk mendapatkan hasil perhitungan yang akurat. Hasil penghitungan di atas menjadi bahan analisa. Terdapat tiga rumus statistika yang digunakan untuk menganalisa hasil perhitungan tersebut. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan rumus teknik korelasi sederhana. Kemudian, Untuk melihat korelasi yang maksimal yang diperoleh dari variabel dengan menggunakan rumus tertentu. Dari hasil penelitian ini adalah mendukung hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Ada hubungan antara profesionalisme dengan hasil belajar siswa. Ditemukan juga adanya korelasi motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PAI. Kemudian profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersamaan mempunyai hubungan dengan hasil belajar PAI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Profesionalisme Guru en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar PAI en_US
dc.title Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account