DSpace Repository

Aplikasi Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliyah
dc.contributor.advisor Asep Saepudin Jahar
dc.contributor.author Muhaemin, 214810112
dc.date.accessioned 2021-12-04T06:34:25Z
dc.date.available 2021-12-04T06:34:25Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1569
dc.description.abstract Menemukan suatu konsep bahwa model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih dapat diaplikasikan dengan baik di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini sesuai dengan acuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pembelajaran yang lebih menekankan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) melalui pengembangan aktivitas peserta didik seperti: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. Sedangkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) yang telah diaplikasikan dalam proses pembelajaran fikih di Madradah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diantaranya adalah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), pembelajaran berbasis proyek (project based learning), dam pembelajaran berbasis penemuan (discovery based learning). Aplikasi model pembelajaran yang berbasis penemuan dan pemecahan masalah ini dipilih karena lebih efektif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi terwujudnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik bila dibandingkan dengan model pembelajaran yang konvensional. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui konsep perubahan dan pengembangan Kurikulum 2013, untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013, dan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulisan tesis ini dilakukan dengan menggunakan kajian melalui 2 riset (penelitian), yaitu riset perpustakaan (library risearch) dan penelitian lapangan (field research). Kajian melalui riset perpustakaan dilakukan dengan menelaah dan menganalisis beberapa data/dokumen yang mendukung penelitian terkait model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013. Adapun dalam penelitian lapangan (field research), peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif yang digunakan untuk mengamati tingkat pencapaian sejauh mana aplikasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih (Studi Deskriptifdi Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Kurikulum 2013 en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.title Aplikasi Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account