Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik/siswa tentang kata kerja melalui pendekatan kontekstual di kelas VI MI.RM Darul Abror .
Penelitian dilaksanakan di MI.RM Darul Abror Jl. Camar RT 02/07 No 44B, Kelurahan Jatiraden - Kecamatan Jatisampurna Bekasi. Subjek penelitian adalah peserta didik/siswa kelas VI pada semester II tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral/siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.
Hasil yang diperoleh pada tiap siklus adalah: Sikus I nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab 7,06. Siklus 2 nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab meningkat menjadi 7,91 dan Siklus 3 nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab meningkat menjadi 8,79.
Dengan demikian dari hasil analisis data menyimpulkan terjadi peningkatan data penelitian dan data pemantau, sehingga penelitian ini dianggap berhasil. Pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik/siswa dan skor pemantau tindakan. Sehingga dapat dikatakan semakin kontekstual pembelajaran yang dilaksanakan, maka hasil belajar peserta didik/siswa semakin meningkat.