Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas IV, V dan VI di SD Swasta Al-Iman Bintaro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan tenik pengumpulan data dengan angket atau kuisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV, V, VI SD. Hasil tersebut ditunjukan dalam analisis regresi linear sederhana dan dilihat pada nilai Adjusted R Square. Nilai tersebut mengandung arti bahwa pengaruh (X) terhadap (Y) sebesar 38.9% sedangkan sisanya sebesar 28.9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel ini.
Adapun upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan siswa untuk belajar, baik dengan memberikan fasilitas untuk belajar, dukungan, tempat belajar seperti ruamah atau ruangan yang nyaman bagi siswa dan bantuan dari orang tua siswa tersebut agar motivasi belajar siswa dapat meningkat