DSpace Repository

Seni Membaca Shalawat dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Nada Khalilah, 17311822
dc.date.accessioned 2021-12-29T05:00:17Z
dc.date.available 2021-12-29T05:00:17Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1605
dc.description.abstract Pada tingkat Madrasah Aliyah adalah masa remaja bagi siwanya, di mana siswa akan mengalami perubahan tentang kehidupan, seperti suatu pilihan, perubahan, masalah, dan pada saat usia remaja, mereka sedang mencari identitas atau jati diri, mereka merasa usia yang menakutkan, merasa tidak realistik, dan masih di ambang pendewasaan. Dalam rangka mengantisipasi remaja tidak larut dalam perilaku yang menyimpang, maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku mereka sesuai dengan ajaran agama Islam. Salah satunya adalah di lembaga pendidikan yang berbasis asrama yaitu lembaga yang mewujudkan suasana belajar dan proses dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara seperti Madrasah Aliyah. Maka penelitian ini dilatarbelakangi dengan kegiatan seni membaca shalawat dalam meningkatkan kecerdasan siswa untuk menguatkan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Sawangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi seni membaca shalawat, lalu bagaimana kecerdasan itu bisa meningkat dengan seni membaca shalawat dan apa hubungannya seni membaca shalawat dengan kecerdasan spiritual, khususnya di sekolah Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler, dan siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan Depok, sedangkan Sumber data sekunder berasal dari data sekolah, buku, jurnal, artikel, dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan spiritual siswa dengan melantunkan seni membaca shalawat, kecerdasan spiritual tersebut mempunyai arti dari tindakan-tindakan yang refleks, secara tidak sadar terhadap pendengaran atau ucapan. Untuk meminimalisir kesulitan dalam seni membaca shalawat yaitu sekolah Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan ini mengadakan suatu kegiatan tambahan di sekolah seperti ekstrakurikuler Qira'ah dan muhadharah yang di dalamnya ada kegiatan shalawat atau mempunyai tim shalawat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Seni en_US
dc.subject Shalawat en_US
dc.subject Spiritual en_US
dc.title Seni Membaca Shalawat dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account