DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim Dalam Pembentukan Sikap Belajar Siswa Di Sekolah MTs Yasmine Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Safitri Septiani, 17311833
dc.date.accessioned 2021-12-29T05:06:52Z
dc.date.available 2021-12-29T05:06:52Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1606
dc.description.abstract Apabila seorang siswa yang sudah bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebabnya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. Oleh karena itu, sekolah harus memiliki strategi agar siswa dapat memperhatikan hal-hal tersebut, strategi yang dapat diterapkan dengan mempelajari kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan sikap belajar siswa. Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan sikap belajar siswa di MTs Yasmine Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif.Penelitian ini berlokasi di sekolah MTs Yasmine Depok. Sumber data utama adalah kepala sekolah, Guru kitab Ta’lim al-Muta’allim, Guru TIK, dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sikap belajar siswa setelah mendapatkan mata pelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim diantaranya adalah siswa hormat kepada guru baik di dalam maupun di luar kelas, memahami materi yang diajarkan dengan baik, siswa bersungguh-sungguh dalam belajar, siswa focus saat belajar, semangat dalam mengikuti pelajaran, berani menjawab pertanyaan dari guru, aktif bertanya jika ada yang belum difahami, siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik,siswa tidak keluar kelas atau terlambat ketika pembelajaran sudah dimulai, siswa merasa senang ketika belajar, dan rajin mengerjakan tugas.Adapun hambatan dalam mengembangkan sikap yang ada berasal dari faktor internal siswa dan eksternal siswa en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Pembelajaran en_US
dc.subject Sikap Belajar en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim Dalam Pembentukan Sikap Belajar Siswa Di Sekolah MTs Yasmine Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account