DSpace Repository

Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar 2 Pasar Minggu

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Wardah Suhaeri, 17311837
dc.date.accessioned 2021-12-29T05:10:21Z
dc.date.available 2021-12-29T05:10:21Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1607
dc.description.abstract Dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an yang isinya mayoritas hafalan, pasti akan terasa membosankan apabila pembelajaran hanya disampaikan dengan metode ceramah yang monoton. Sebagai guru yang kreatif tentunya kita tidak ingin murid merasa bosan dengan pembelajaran yang ada, maka dari itu sebisa mungkin kita menggunakan berbagai variasi metode untuk membuat suasana kelas terasa menyenangkan dan pembelajaran tidak terasa membosankan lagi. Dilatarbelakangi dengan masalah ini penulis merasa tertarik untuk membahas mengenai penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an, tetapi pada penelitian lain metode ini mampu meningkatkan daya ingat anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu metode bernyanyi merupakan salah satu variasi metode belajar yang dapat digunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an, penerapan dari metode bernyanyi ini dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan lebih fokus selama pembelajaran berlangsung, hal ini memudahkan siswa untuk menangkap materi yang dibahas dan juga memudahkan siswa dalam menghapal materi. Karena siswa merasa materi menjadi lebih mudah saat dipelajari, hal ini menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Bernyanyi en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Al-Qur’an en_US
dc.title Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar 2 Pasar Minggu en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account