DSpace Repository

Hubungan Sikap Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Yasmine Depok Pada Masa Pandemi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Hilya Nurmutia, 17311886
dc.date.accessioned 2021-12-29T05:43:02Z
dc.date.available 2021-12-29T05:43:02Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1611
dc.description.abstract Sikap merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam mengkaji atau membahas tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Adapun dalam proses belajar, siswa diharapkan memiliki sikap belajar yang baik karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai. Jika siswa memiliki sikap senang atau tertarik pada suatu pelajaran, hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Pada masa pandemi pembelajaran dilakukan di rumah. Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi sekolah dalam membentuk sikap belajar yang baik sehingga hasil belajar dapat dicapai secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Yasmine Depok pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan total sampel yang digunakan sebanyak 105 siswa kelas VIII di MTs Yasmine Depok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Penulis menggunakan bantuan alat ukur untuk analisis data yaitu aplikasi SPSS versi 22 dengan teknik korelasi Product Moment, untuk pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel sikap belajar dan variabel hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak dengan nilai signifikansi 0,000 (ρ < 0,05). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment didapatkan hasil 0,671 > 0,174, menunjukkan adanya hubungan antara variabel sikap belajar dan variabel hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak termasuk kriteria “kuat” atau “baik” dengan kontribusi efektif sebesar 45 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Sikap Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.subject Masa Pandemi en_US
dc.title Hubungan Sikap Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Yasmine Depok Pada Masa Pandemi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account