Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) ini perlu diterapkan pembelajaran berbasis
Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SMA Dharma Karya UT
Tangerang Selatan. Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas XI serta kepala
sekolah. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. dan sumber dokumenter berupa hasil
penelitian terdahulu, dokumen RPP, dokumen soal UH kelas XI, foto dan audio. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara
kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran PAI berbasis HOTS yang
dilaksanakan tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang diterapkan. Adapun dalam
pelaksanaan pembelajarannya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa atau HOTS
terbagi menjadi tiga aspek yakni Pertama, menganalisis dilihat pada penerapan metodenya yakni siswa sudah
mampu berpikir kritis dan mampu memecahkan permasalahan yang ada mengenai materi perilaku taat. Kedua,
mengevaluasi pun dilihat pada metode yang digunakannya yakni saat siswa dengan sengaja diberikan
pernyataan yang belum tepat oleh guru dan siswa mengungkapkan argumentasinya terkait materi perilaku taat,
kompetitif dalam kebaikan serta etos kerja. Ketiga, mengkreasi atau mencipta dilihat dari perubahan yang terjadi
setelah mempelajari pelajaran pendidikan agama Islam