DSpace Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) (STUDI ANALISIS PADA KELAS XI DI SMA DHARMA KARYA UT TANGERANG SELATAN)

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi Maharani, Zulfa Indah Pratiwi
dc.date.accessioned 2022-02-21T05:21:19Z
dc.date.available 2022-02-21T05:21:19Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1655
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) ini perlu diterapkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan. Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas XI serta kepala sekolah. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. dan sumber dokumenter berupa hasil penelitian terdahulu, dokumen RPP, dokumen soal UH kelas XI, foto dan audio. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran PAI berbasis HOTS yang dilaksanakan tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang diterapkan. Adapun dalam pelaksanaan pembelajarannya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa atau HOTS terbagi menjadi tiga aspek yakni Pertama, menganalisis dilihat pada penerapan metodenya yakni siswa sudah mampu berpikir kritis dan mampu memecahkan permasalahan yang ada mengenai materi perilaku taat. Kedua, mengevaluasi pun dilihat pada metode yang digunakannya yakni saat siswa dengan sengaja diberikan pernyataan yang belum tepat oleh guru dan siswa mengungkapkan argumentasinya terkait materi perilaku taat, kompetitif dalam kebaikan serta etos kerja. Ketiga, mengkreasi atau mencipta dilihat dari perubahan yang terjadi setelah mempelajari pelajaran pendidikan agama Islam en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta (Jurnal Qiro'ah) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 10 No.2;
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject HOTS en_US
dc.subject Kemampuan Berpikirir Kritis en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) (STUDI ANALISIS PADA KELAS XI DI SMA DHARMA KARYA UT TANGERANG SELATAN) en_US
dc.type Journal en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account