DSpace Repository

Pengaruh Pengamalan Ajaran Agama dan Interaksi dengan Al-Qur'an Terhadap Akhlak Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim
dc.contributor.advisor Syahida Rena
dc.contributor.author Amin Kutby, 220430293
dc.date.accessioned 2022-03-02T04:52:21Z
dc.date.available 2022-03-02T04:52:21Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1663
dc.description.abstract Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengamalan ajaran agama dan interaksi dengan Al-Qur’an terhadap akhlak siswa. Latar belakang penelitian ini bersumber pada kondisi dan situasi kegiatan belajar mengajar di sekolah yang sebagian siswa masih memiliki sikap dan akhlak kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pengamalan ajaran agama dan interaksi dengan Al-Qur’an secara bersamaan terhadap akhlak siswa. (2) pengaruh pengamalan ajaran agama dan interaksi dengan Al-Qur’an secara parsial terhadap akhlak siswa. Jensi penelitian ini explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta, berjumlah 172 responden dengan teknik sample secara random. Metode analisis data menggunakan analisis deskirptif dan analisis regeresi linier berganda dengan bantuan program SPPS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh pengamalan ajaran agama dan interaksi dengan Al-Qur’an secara bersamaan terhadap akhlak siswa dengan nilai Fhitung sebesar 5027,92 lebih besar jika dibandingkan dengan Ftabel sebesar 3,05. Artinya pengamalan ajaran agama dan interaksi dengan Al-Qur’an secara bersamaan berpengaruh terhadap akhlak siswa. Kedua, ada pengaruh positif dan signifikan pengamalan ajaran agama secara parsial terhadap akhlak siswa dengan nilai thitung sebesar 32,23 lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 0,149. Artinya pengamalan ajaran agama memiliki arah pengaruh positif terhadap akhlak siswa. Ketiga, Ada pengaruh positif dan signifikan interaksi dengan Al-Qur’an secara parsial terhadap akhlak siswa dengan nilai thitung sebesar 55,98 lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 0,149. Artinya interkasi dengan Al-Qur’an berpengaruh terhadap akhlak siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pengamalan Ajaran Agama en_US
dc.subject Interaksi dengan Al-Qur’an en_US
dc.subject Akhlak Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pengamalan Ajaran Agama dan Interaksi dengan Al-Qur'an Terhadap Akhlak Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account