DSpace Repository

Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Sirotul Azizah, 16311671
dc.date.accessioned 2022-03-29T06:39:20Z
dc.date.available 2022-03-29T06:39:20Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1679
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Kubu Raya yang berjumlah 160 siswa, karena peneliti hanya mengambil sampel sebesar 25% dari populasi yang ada, maka hanya 40 siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Kubu Raya yang menjadi sampel. Instrumen penelitian berupa kuisioner yang berisi 30 butir pernyataan, untuk variabel X (konsep diri) dan nilai harian prestasi Akidah Akhlak (variabel Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r = 0,935 dan uji signifikansi dengan uji-t sebesar 15,988, kemudian diinterpretasikan pada tabel ttabel 2,024 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena t hitung 15,988>ttabel 2,024 maka koefisien korelasi signifikan. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MAN 1 Kubu Raya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri siswa, maka semakin tinggi pula prestasi yang didapatkan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Diri en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account